17.12.08

Himpunan pelbagai resepi makanan orang banjar


RESEPI URANG BANJAR DI KOTA BANJAR KALIMANTAN
macam best je.... boleh cuba kot


BAKSO

Photobucket


Bahan bakso

700-800 gram daging lembu
1/2 sdt baking powder
150 gram tepung kanji
1sdm garam
1/2 sdt lada
1 butir putih telor
2 siung bawang putih diuleg halus
Air dingin/ es batu sedikit

Untuk kuah bakso

Tulang lembu
Bawang putih yang digeprek dan diiris-iris
Lada dan garam secukupnya
Air

Mie rebus
Soun rebus
Seledri, cincang kasar
Daun bawang, iris
Sawi, potong2
Bawang goreng
Sambal Kicap


Cara membuatnya

Siapkan air dalam bekas untuk kuah bakso dan adunan bakso.

Masukkan semua bahan yang dipadahkan tadi untuk kuah baksonya.
Campur semua bahan bakso, kemudian diblender sampai halus , tercampur rata sampai kira2 boleh dibentuk.

Bentuk adunan dengan menggunakan sendok atau bentuk kan bulat-bulat. Boleh hai diisi telur puyuh, adonan diisi telur puyuh rebus baru dibulat-bulatkan.

Rebus adonan bakso sampai mengapung. Yang artinya bakso udah matang

Setelah bakso matang, tampung bakso dalam mangkok yang berisi es batu, setelah itu baru ditiriskan. Bisa ai lokok

Penyajian
Taruh dan tata mie, soun, sawi, seledri dan daun bawang dalam mangkok.
Tuang kuah dan baksonya, taburi dengan bawang goreng.
Sajikan panas dengan sambal dan kicap.







SI OMAY OMAY


Photobucket




Bahan bahannya
20 lembar kulit siomay segi empat
1 butir telur ayam, buat orak-arik halus (pake 2 butir telur plus 1 kuningnya saja, sisa dari putihnya yg dipake buat adonan isi)



Adonan isi

250 g daging lembu cincang halus
2 sdm tepung kanji
1 sdm bawang Bombay cincang halus (1/2 biji)
1 sdm daun bawang iris halus (1batang gedee)
1 siung bawang putih, parut
1/2 sdt merica bubuk
1 putih telur ayam, kocok hingga berbuih
1 sdt minyak wijen (ganti pake olive oil)
1 sdt garam

Auonan Isi

Aduk semua bahan hingga benar-benar rata.
Bagi adunan menjadi 20 bagian.
Ambil selembar kulit siomay, isi dengan adonan isi, lipat-lipat isinya lalu dengan bantuan ibu jari dan jari telunjuk, tekan-tekan sambil bentuk hingga rapi dan padat. Kerjakan yang sama dengan sisa bahan.
Taburi atasnya dengan telur atau adonan dibentuk sesuai selera aja..
Kukus dalam kukusan panas selama 20 minit.
Angkat, sajikan hangat.



SOUN GORENG
















Bahan bahannya





Soun 2 bungkus kecil, rendam dengan air panas/hangat
Wortel, diiris kaya korek api
Jamur tiram, di suwir-suwir
Bawang merah besar 1/2 biji, iris
Timun segar, potong dadu
Daun bawang, iris
Cili merah besar, iris serong
Kicap manis dan asin
Garam dan kaldu sayur bubuk
Air
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan
Bawang merah besar 1/2 biji, sisa dari bahan
Bawang putih 2 siung
Kemiri 1 biji

Cara membuatnya
Tumis bahan yang dihaluskan sampe harum, masukkan bawang merah iris aduk-aduk, tuangi sedikit kicap asin dan manis yang agak banyak.
Beri air sedikit, masukkan wortel, jamur, daun bawang, timun, cabe merah, diamkan sebentar baru kemudian si soun dimasukkan dan aduk rata.
Taburi garam dan kaldu bubuk, sambil diicip-icip rasanya biar pas, biarkan sebentar.
Angkat dan sajikan




Photobucket

Bahan bahannya

Beras segenggam, cuci bersih
Air
Wortel, pendek aja, di iris kaya korek api
Daun bawang, diiris-iris
Jagung manis pipilan ½ sdm
Kacang polong ½ sdm
Bawang bombay ½ biji, diiris
Bawang merah besar ½ biji, diiris
Santan 80 ml
Garam

Cara membuatnya
Dada ayam, cuci bersih, lumuri dengan garam dan bawang putih yg dihaluskan, goreng kering, dinginkan kemudian disuwir-suwir
Telur rebus 1 biji, iris
Telur dadar tipis, bikinnya terigu 2sdm dicampur air sedikit, dikocok hingga kalis, pecahkan telur dan taburi garam sedikit, dikocok lagi. Buat dadar tipis-tipis, gulung dan iris-iris.

Cara membuat bubur

Didihkan air, masukkan beras biarkan sampe mendidih dan hampir menjadi bubur.
Kecilkan api, tambahkan air jika diperlukan, masukkan wortel, daun bawang, jagung manis, kacang polong, bwg bombay, bwg merah, santan dan garam aduk-aduk sampai semua bahan masak.











Bahan bahannya

Bumbu
Dada ayam (kalo di Banjar guna ayam kampung)
Air
Garam
Kaldu bubuk
Mentega
Daun bawang/ Daun sop

Rerempahan:
Pala
Cengkih
Kayu manis
Bunga lawang/pekak
Kapulaga
Bawang putih goreng

Bahan yang dihaluskan untuk memperkeruh kuah
Kentang 1 biji direbus kemudian haluskan dengan kuah yang banyaaakk dan telur satu biji, aduk sampa kalis.
Ada juga yang pake susu sayur. Pake keduanya juga lebih enak..

Pelengkap:
Ketupat untuk soto
Nasi untuk nasi sop
Soun yang udah direndam air
Telur rebus, belah dua atau diiris-iris
Perkedel kentang
Kecap manis dan asin
Sambal
Jeruk nipis, lebih enak lagi kalo pake limau nipis
Bawang goreng dicampur irisan daun sop biar harruuuuummm mewangi

Directions:
Tumis bumbu halus hingga beraroma sedap, sisihkan.
Rebus air bersama ayam dan rerempahan, masak hingga mendidih.
Masukkan bumbu, garam, kaldu bubuk, daun bawang/daun sop dan mentega, aduk rata, sambil di cicipi rasanya.
Sebelum mendidih masukan bahan yang dihaluskan tadi aduk cepat, didihkan atau hingga tercium aroma wangi dari rempah.
Angkat si ayam dari kuah, dinginkan setelah itu di suwir-suwir.

Penyajian Soto
Siapkan mangkok, tata ketupat didalamnya, susun soun, suwiran ayam, telur rebus (kalo diiris tipis) kemudian siram dengan kuah.
Taruh di sisi dalam mangkok perkedel, telur rebus (kalo dibelah 2), jeruk nipis dan sambal.
Taburi dengan bawang goreng bercampur daun sop.

Nasi Sop:
Siapkan piring cekung, masukkan nasi secukupnya, lanjutkan seperti penyajian soto diatas.





Perkedel Kentang



Bahan bahannya

Kentang merah 3 biji, cuci bersih, kupas dan potong2.
Telur 1 biji pisahkan kuning dan putihnya
Seledri di cincang halus atau pake seledri kering yang udah jadi juga bisa
Bawang merah goreng 2 sdm
Air untuk merebus
Minyak untuk menggoreng


Bumbu yang dihaluskan:
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung
Merica sedikit
Garam

Directions:
Sambil menghaluskan para bawang, merica dan garam pake ulekan, goreng kentang hingga empuk, angkat dan tiriskan.
Masukkan seledri, kuning telur dan bawang merah goreng (sambil diremas) pada bumbu tadi, aduk merata
Haluskan kentang langsung di ulekan sampai semuanya tercampur rata.
Ambil sesendok adonan atau sejumput tangan, bentuk menajdi bulatan pipih, lakukan sampai adonan habis kemudian lumuri dengan putih telur, goreng dengan minyak panan sedang, balik sesekali hingga coklat kekuningan, angkat dan tiriskan.

















Ingredients:
1 cup COLES* Shredded Tasty Cheddar Cheese
1/2 iceberg lettuce, shredded
3 cloves garlic, chopped
1 brown onion, chopped finely (bawang bombay, diiris-iris)
2 tomatoes, chopped finely (potong dadu kecil)
420 g EDGELL* Four Bean Mix, drained (Ganti dengan timun yang dipotong dadu kecil)
2 tspn FARMLAND* Pure Olive Oil (pake ini tapi beda merk)
335 g pkt OLD EL PASO* Hard 'n Soft Taco Kit
600 g COLES* 4 Star Beef Mince (hampir setengahnya, beli di halal butcher)
Salt and sugar
Celery, iris-iris.

Photobucket">



Directions:
Heat oil in a pan over high heat. Cook onion and beef for 5 minutes. Add in half of brown onion, half of tomato and celery, stir well. Add salt and sugar. Stir in taco seasoning and 3/4 cup water. Simmer for 5 minutes, until sauce thickens.

Hard Taco: Preheat oven to 160C fan-forced+. Remove taco shells from plastic, keeping wedge inside shells. Fan taco shells slightly apart on tray and heat for 5 minutes.

Soft Taco: Open Tortilla pouch, discard freshness sachet. Microwave tortillas in pouch on HIGH (100%/850W) for 45 seconds+ or remove from pouch, wrap in foil and heat in fan-forced oven at 160C for 10 minutes.

Fill taco shells and tortillas with beef mixture, lettuce, cucumber, tomato and cheese. Drizzle with taco sauce.











Bahan bahannya
500 gr mince beef ( ga sebanyak ini, lupa nimbang, he..)
300 gr mushroom kancing segar, dipotong melintang
2 buah onion/bawang bombay besar diiris
250 gr chopped tomato (aku pake 2 tomat roma besar)
350 gr pure tomato
3 siung bawang putih, rajang halus
8 sdm olive oil
2 sdm garam / sesuai selera
1 sdm pepper / merica
2 sdm cabe bubuk biar seru!
2 sdm oregano
1 sdm gula pasir / madu
1 sdm worcester sauce / kecap inggris (aku ga pake)
50 ml fresh milk

1 kg spaghetti (aku pake 1/2 kg aja)
2 sdm minyak goreng / olive oil
2 sdm mentega
Air mendidih dalam panci besar / sedang

Pelengkap:
Keju parut untuk taburan
Celery segar, sebagai hiasan atau dipotong-potong untuk taburan.

Directions:
Memasak spaghetti sauce:
Pertama-tama, siapkan wajan besar, panaskan dengan 8 sdm olive oil, setelah cukup panas, tumis bawang putih cincang sampai wangi.
Lalu masukkan onion yang telah dipotong-potong, tumis sampai wangi dan berubah warna.Kecilkan api supaya garlic tidak gosong.
Masukkan daging cincangnya, aduk rata, tunggu sampai berubah warna dan masak.
Setelah keluar minyak dari daging cincang, masukkan berturut-turut garam, merica, cabe bubuk, oregano, dan gula pasir. Aduk sampai masak.
Lalu masukkan chopped tomato dan pure tomato. Supaya spaghetti sauce nya pas kentalnya, cicipi berkali-kali dan tambahkan air (aku pake susu segar ituw) bila dirasa terlalu kental.
Masak sekitar 10 minit lagi, lalu masukkan mushroom yang telah dipotong-potong tadi, aduk rata, diamkan sekitar 10 minit dengan panas api sedang, lalu matikan.

Memasak spaghetti:
Dalam air mendidih di panci besar masukkan spaghetti, disusul olive oil yang dituangkan. Masak sekitar 10-15 menit supaya al dente.
Tuang spaghetti kedalam wadah saringan dibawah keran air yang mengalir supaya dingin, lalu tiriskan.
Panaskan panci bersih, masukkan 2sdm mentega, tunggu sampai meleleh dan panas. Masukkan spaghetti dingin tadi kedalam panci, aduk rata, matikan api.








Bahan bahannya
Asparagus segar 150 gram, potong-potong
Tiram 150 gram, di suwir2
Dada ayam tanpa tulang, rebus dan dipotong dadu
Telur ayam 2 biji
Jagung manis pipilan
Jahe seibu jari dikeprek
Daun bawang 1 batang, iris
Kaldu sayur bubuk 1 sendok
Bawang bombay 1 biji, iris
Maizena 2 sendok, cairkan dengan sedikit air
Garam
Merica bubuk seujung sendok

Cara membuatnya
1. Panaskan kembali sisa rebusan daging ayam yang telah dipotong dadu tadi
2. Masukan jahe, jagung manis, potongan ayam, asparagus dan bawang bombay, biarkan sampai mendidih.
3. Masukkan jamur, daun bawang, kaldu sayur, garam dan merica, aduk2.
4. Pada saat mendidih pecahkan telur satu demi satu sambil diaduk cepat.
5. Masukkan cairan maizena, aduk perlahan sampai mendidih lagi.










Ingredients:
kentang merah, potong-potong
air kaldu ayam untuk merebus
garam
susu
keju

Directions:
1. Rebus kentang dalam air sampai empuk
2. Jangan lupa ditaburi garam didalamnya...
3. Kalo dah empuk, angkat dan tiriskan si kentang
4. Masukkan kentang dalam mangkok ganal
5. Masuk kan keju dan susu
5. Sajikan.














Bahan bahannya

1. Mie goreng merek apa aja 2 bungkus
2. Wortel, potong dadu
3. Bawang bombay 1/2 biji, iris tipis
4. Sayur manis 1 ikat kecil, potong-potong
5. Bawang goreng (pelengkap tambahan)

Directions:
1. Rebus air sampe mendidih
2. Masukkan wortel diamkan sebentar
3. kemudian masukkan mie dan bawang bombay
4. Masak sampai masaklah
4. Matikan api, masukkan bawang bombay dan sayur manis, aduk
5. Tiriskan mie.
6. Siapkan piring ukuran besar, campur semua bumbu yang diberi air sedikit agar bumbu teraduk rata.
7. Masukkan mie kedalam piring bumbu, aduk merata
8. Taburi bahan pelengkap yang tersedia plus bawang goreng yang banyak.
9. Sajikan....


MAKARONI KEJU






Ingredients:

Makaroni segenggam aja trus direbus
Kuning telur 1 biji
Wortel, iris tipis memanjang
Keju 1 lembar
Mentega 1/2 sdm


Directions:
1. Panaskan mentega
2. Masukkan kuning telur diamkan sebentar, aduk
3. Tambahkan makaroni, wortel aduk terus
4. Terakhir masukkan keju
5. Angkat dan sajikan










IKAN PAIS

Ingredients:
1. Ikan, 2 ekor ( Suka hati ai ikan apa )
2. Daun pisang/ aluminium foil
3. Tomat buah 1 buah, iris tipis
4. Cabe merah/hijau besar, iris serong
5. Daun salam beberapa lembar
6. Sarai, memarkan, potong-potong
7. Jeruk nipis/lemon


Bumbu yanng dihaluskan:

1. Bawang merah 4 butir
2. Bawang putih 2 siung
3. Laos 1cm
4. Kunyit 1cm
5. Kemiri 3 butir
6. Garam


Cara membuatnya

1. Bersihkan ikan, kerat permukaannya, beri perasan jeruk nipis/lemon, biarkan 10-15 menit, cuci, dan tiriskan
2. Lumuri ikan dengan bumbu halus, biarkan sejenak
3. Siapkan daun pisang/alum.foil, taruh irisan tomat, cabe merah, daun salam, dan serai
4. Letakkan ikan diatasnya, taburi lagi dengan irisan tomat, cabe merah, daun salam dan serai
5. Bungkus ikan dengan cara digulung, kalo pake daun pisang sematkan lidi diujung-ujungnya, kalo pake alum.foil lipat rapi atau plintir ajaaaa...
6. Kukus hingga matang kurang lebih 45 minit






CAP CAP KERING



Bahan bahannya

1. Minyak goreng 3 sdm
2. Bawang putih halus 2 sdm
3. Bawang bombay 1 buah, iris tipis
4. Buncis, potong-potong
5. Kol, iri tipis
6. Wortel, potong jadi 3 kemudian belah 4 dan direbus dulu
7. Kentang, potong-potong dan direbus dulu
8. Bakso, iris
9. Terong, potong-potong
10. Timun, potong-potong
11. Saus tiram 3 sdm
12.Garam

Cara membuatnya

1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombai aduk sampai layu
2. Tambahkan buncis, kol, dan terong masak sampe agak layu
3. Masukkan wortel, kentang, timun dan bakso
4. Beri saus tiram dan taburi garam secukupnya, masak sampai matang
5. Sajikan..




ROTI GULUNG









Bahan bahannya

1. 10 keping roti tawar tanpa kulit
2. Aluminium foil buat bungkus si roti.

Bahan isi:
* 2 sdm minyak goreng
* 1/2 bh bawang bombai, cincang kasar, Qq pake 1 buah gede
* 200 gr daging cincang, Qq 400gram biar puasss
* 50 ml air
* 150 gr wortel, iris dadu kecil, Qq pake 3 biji uk. sedang diiris tipis memanjang
* 1 btg daun bawang, iris halus, Qq pake 2 btg gede
* 1 btg daun seledri, iris halus
* 1 sdm tepung terigu, cairkan dengan sedikit air



Cara membuatnya

1. Panaskan minyak, tumis bawang bombai hingga layu.
2. Tambahkan daging, tumis hingga berubah warna, tuang air, aduk rata.
3. Tambahkan wortel, daun bawang, daun seledri dan larutan terigu, aduk rata.
4. Masak hingga matang, angkat dan sisihkan.
5. Ambil selembar roti tawar, tipiskan, taruh di atas aluminium foil.
6. Beri adunan isi secukupnya, ratakan, gulung sambil dipadatkan.
7. Kukus selama 5 minit, angkat, sajikan dengan sos.

2 ulasan:

shuhada sudeen berkata...

ustazah da daftar persatuan org2 banjar??pernah nampak diorang letak sticker kt kereta.

x silap saye motto diorg cmni;
kulaan ngiring ngapa terkurihing.
:))

Ejaan berkata...

Salam Ustzh, Izinkan saya mengambil Recipe Masakan Pian, Kalau Ustazah memasuki Blogspot saya ni, tolong lihat ejaan dan kat2 bahasa Suku Kedayan/Kadayan ini. Apakah d Banjar ada Suku/Ras kami ini...Kalau ada Ustazah tolong lihatkan...Terima Kasih.Salam