4.2.10

Terkepung dengan ajal




Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, meskipun engkau bersembunyi di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh (QS 4:78).


Malaikat Maut yang diserahkan tugas mencabut nyawamu akan mematikanmu untuk dikembalikan kepada Rabbmu (QS 32:11).


Maka apabila ajal kematian telah datang , tidaklah dapat mengundurkan barang sesaatpun dan tidak pula medahulukannya (QS 16:61).


Kalau sekiranya kamu dapat melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dari belakang mereka (dan berkata):


"Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa sangat ngeri) (QS 8:50)


Jika nafas seseorang telah mendesak sampai ke kerongkongan (QS 75:26)


Malaikat akan memukul dengan tangannya kepada orang yang sedang sakaratul maut seraya berkata "Keluarkanlah Nyawamu" hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan
(karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.(QS 6:93).

Dan itu terjadi jika orang orang tersebut adalah orang dzolim dalam tekanan-tekanan sakratulmaut. Maka jika orang tersebut adalah orang yang bertakwa, Malaikat akan mencabut nyawanya dengan keadaan yang baik, dan Malaikatpun berkata kepada mereka: "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan (QS 16:31-32).


Dan disaat saat kematiannya orang orang yang benar benar istikomah dalam ketaatan, para malaikat akan turun sambil menghibur dan berkata : "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu" (QS 41:30).

Tiada ulasan: