9.3.10

Keindahan Fizikal Rasulullah sallahu alaihi wasallam

Kita semua pasti sudah mengenal siapa itu Muhammad bin abdillah, yaitu nabi kita utusan allah عزا وجل apakah kita sudah mengenal nabi kita sendiri, apakah kita sudah tahu bagai mana sifat rosul صلى الله عليه وسلم fisik rosu صلى الله عليه وسلم hanya sedikit dari kita yang tahu.


Di kesempatan ini kami akan menguraikan sedikit tentang fisik rosul صلى الله عليه وسلم kita yang agung secara ringkas.


Anas bin malik berkata : kedua telapak tangannya lapang. Kulitnya putih kemerah-merahan, uban pada rambut kepala dan jenggotnya kurang dari 20 helai (shahih bukhori)
Abu juhaifah berkata : saya melihat uban pada rambut di bawah bibirnya (shahih bukhori)

Al-Bara berkata : beliau صلى الله عليه وسلم berdada lebar, rambutnya panjang hingga cuping telinga, aku melihatnya memakai baju warna merah, dahulu rosulullah صلى الله عليه وسلم suka mengutai rambutnya karna beliau صلى الله عليه وسلم suka untk mengikuti ahli kitab, setelah itu beliau صلى الله عليه وسلم membelahnya. (shahih bukhori)

Abu hurairoh : berkata aku tidah pernah melihat sesuatu yan lebih dari pada rosul صلى الله عليه وسلم seakan-akan matahari beredar di wajahnya dan aku tidak pernah melihat seorangpun yan lebih cepat jalannya dari pada rosul صلى الله عليه وسلم seakan-akan dunia ini dilipatnya, kami telah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengejarnya, akan tetapi iam meniggalkan kami (jsmi' St-Tirmidzi)

Jabit bin samurih berkata : kedua betisnya indah serasi dan beliau صلى الله عليه وسلم tidak tertawa kecuali hanay tersenyum (HR. Ad-DArimi)


Adapun lehernya bagaikan leher boneka seputih perak, bulu matanya lentik, jenggotnya lebat, dahinya lebar, alisnya melengkung rapihdan bersambung, hidungnya mancung, pipinya halus, dari bagian atas dada hinnga pusarnya menjulur bulu halus seperti sebuah batang dan tidak tumbuh pada perut dan dadanya selain bulu halus tersebut. Langkah kakinya panajang melangkah dengan penuh rendah hati. (Khulashah As-Siyar)

Diantara kedua bahunya ada tanda kanabian seperti telur merpati, menyerupai warna tubuhnya terletak pada tulang bahu kirinya seperti genggaman tangan, diatasnya ada tahi lalat besar (Shahih Muslim)

Mempunyai mutiara-mutiara hikmah yang indah dan menguasai logat orang-orang arab, berdialog dan berbicara kepada setiap kiblah, sesuai dengant logat bahasa mereka, tertanam padanya kekuatan luar biasa, menguasai bahasa oran dusun serta kefasihan penguasaan terhadap bahasa orang arab. Penyantun, sabar, pemaaf di saat mampu membalas, dan sabar pada saat tertimpa musibah. Merupakan sifat yang ditanamkan allah عزا وجل kepadanya.
Jabir berkata : rosulallah صلى الله عليه وسلم tidak pernah diminta sesuatau kemudian berkata tidak (Shahih Bukhori)

Beliau صلى الله عليه وسلم sangat pemalu menjaga pandangan matanya. Abu sa'id Al-Khudri berkata : beliau lebih pemalu dari pada gadis perawan yang di pingit, apabila beliau صلى الله عليه وسلم tidak suka pada sesuatu dapat diketahui dari raut wajahnya (Shahih Bukhori)

Beliau صلى الله عليه وسلم orang yang selalu menundukan pandangan, lebih lama memandang kebawah dari pada keatas. Rosulullah صلى الله عليه وسلم tidak duduk dan berdiri kecuali dalam keadan berdzikir.

Ini sedikit tentang fizikal Rosulullah صلى الله عليه وسلم yang sangat baik dan indah
Semuga bermanfaat bagi kita semua.

Tiada ulasan: